HOME ยป EKBIS
EKBIS
Sabtu, 24 September 2016 , 14:12:00 WIB

Diskoperindag Kab Tasik Pelajari Edaran Kemendag

Laporan: Irpan Wahab




RMOLJabar. Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya saat ini tengah melakukan pengkajian terhadap isi Peraturan Menteri Perindustrian terkait Peraturan Menteri Perdagangan No. 63 tahun 2016 tentang harga acuan pembelian di tingkat petani dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen. Dalam Permen itu disebutkan tujuh komoditas yang diatur harga acuannya seperti beras, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabai dan daging sapi.

"Kita belum mengetahui seperti apa Permen tersebut, kita pelajari dulu dan berkoodinasi dengan Provinsi. Jika sudah jelas kita akan sosialisasikan, " kata Kabid Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Tasikmalaya, Nia Juniarti melalui sambungan telepon, Sabtu (24/9).

Nia menilai, Permen itu dikeluarkan tiada lain bertujuan agar petani lebih sejahtera, begitupula pedagang akan mendapatkan untung yang wajar dan konsumen mendapatkan harga terjangkau.

"Kalau melihat sekilas, Permen ini baik untuk petani, pedagang dan konsumen," pungkasnya.

Nantinya ketika Permendag 63/2016 ini berlaku, maka ketentuan lama yakni Permendag 80/2015 tentang Penetapan Harga Pembelian Kedelai Petani dalam Rangka Pengamanan Harga Kedelai di Tingkat Petani, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :