HOME ยป PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
Kamis, 12 Oktober 2017 , 17:45:00 WIB

Abdy: Mahasiswa Jangan Hidup di Menara Gading

Laporan: Lannie Rachman




RMOLJabar. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya,berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". Pernyataan Bung Karno ini memiliki makna betapa pentingnya peran seorang pemuda bagi bangsa Indonesia.

"Nasib bangsa ada di tangan generasi muda. Karena di masa mendatang generasi muda inilah yang menjadi tonggak bangsa Indonesia," kata dosen Pasca Sarjana Universitas Pasundan, DR Abdy Yuhana, SH, MH, saat menjadi narasumber dalam talk show "Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi" di Universitas Kuningan, Kamis(12/10).

Dalam kegiatan yang dihadiri sedikitnya 500 mahasiswa itu, Abdy mengingatkan agar mahasiswa harus punya tangung jawab terhadap keberlanjutan bangsa Indonesia.  Menurutnya, tanggung jawab tersebut merupakan bagian dari nasionalisme.

"Peran mahasiswa yang begitu strategis harus diaktualisasikan melalui eksistensinya dalam aktivitas yang positif," tutur Wakil Sekjen DPP Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI) ini.

Abdy mengatakan sebagai bentuk tanggung jawab tersebut,  Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan wujud konkrit  yang bisa dilaksanakan dalam kehidupan kampus.

"Setelah lulus kuliah, mahasiswa harus terjun ke masyarakat sehingga mahasiswa tidak seperti hidup di menara gading," tandas bakal calon Gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan ini. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :