HOME ยป POLITIK
POLITIK
Minggu, 22 Oktober 2017 , 23:32:00 WIB

Proyek Kereta Cepat Jadi Catatan Gerindra di Kinerja Jokowi






RMOLJabar. Partai Gerindra menilai kinerja pemerintahan Joko Widodo di bidang infrastruktur cukup baik. Namun, ada satu program yang terlihat tidak efektif dikerjakan.

"Kinerja infrastruktur Pak Jokowi cukup baik. Cuma ada catatan yakni program Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu salah," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria dalam diskusi 'Kepemimpinan Nasional dan Kinerja Pemerintah' di Cafe Mandailing, Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (22/10).

Menurutnya, pengadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak efektif karena tidak terlalu diperlukan. Pembangunan infrastruktur tersebut hanya menghamburkan uang negara.

"Jakarta-Bandung itu sudah bagus, ada jalan tol. Itu prestasi Bu Mega (Megawati Soekarnoputri). Harus kita akui dan sejak saat itu Jawa Barat jadi lebih baik. Sehingga kami melihat pembangunan (kereta cepat) Jakarta-Bandung justru masalah karena tidak perlu, tidak efektif, menghambur-hamburkan uang," jelas Riza.

Dia menambahkan, lebih baik pemerintah membangun jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya. Hal itu paling tidak lebih bermanfaat daripada rute ke Bandung yang letaknya tidak jauh dari Jakarta.

"Anggaran pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu lebih mahal dari pembangunan kereta cepat di China dan Rusia. Harusnya pemerintah membangun kereta cepat di Jakarta-Surabaya, itu lebih efektif," pungkas Riza yang juga wakil ketua Komisi II DPR.

Pemerintah sendiri menganggarkan dana USD 6,07 miliar dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hingga saat ini pembebasan lahan masih menjadi persoalan pokok untuk memulai proyek tersebut. [jar/rmol.co]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :