HOME ยป KANG AHER
KANG AHER
Selasa, 23 Januari 2018 , 13:24:00 WIB

Aher: Mari Harumkan Kembali Sungai Citarum

Laporan: Yudha Satria




RMOLJabar. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku, sampai saat ini semua pihak yang terlibat dalam program sungai citarum harum sedang bergerak bersama-sama untuk menata kembali sungai yang menjadi mata sumber air masyarakat Jawa Barat ini.

Pergerakan itu dimulai dengan menormalkan kembali Kesmen Area, Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum termasuk menormalkan kembali badan sungai Citarum, mengubah kultur masyarakat untuk mencintai sungai, dan bahkan penegakkan hukum yang juga kita siapkan.

"Kan sederhana ketika kesmen area nya sudah normal kembali, DAS juga maka aliran sungai itu akan normal kembali debit airnya akan merata lagi dari bulan Januari sampai Dengan Desember, kemudian juga ketika kultur masyarakat semua komponen masyarakat baik itu umum, masyarakat petani, masyarakat industri masyarakat, rumah tangga kalau semuanya punya sebuah komitmen untuk menjaga nilai air maka mereka punya perilaku tidak akan mengotori air sama sekali dan dampaknya kita memounyai air bersih," kata Aher usai menggelar Coffe Morning bersama Regulator DAS Citarum di Gedung Pakuan Bandung, Selasa (23/1).

Dengan demikian akan menjadi sederhana persoalan yang harus kita selesaikan, yakni bagaimana kita bisa menormalkan kembali aliran air dari hulu sampai ke hilir dengan cara menormalkan hutan-hutan, kesmen area dan DAS Citarum.

"Dan kita berkomitmen untuk tidak mengotori sungai sedikitpun khususnya sungai citarum ketika tidak di kotori sama sekali air bersih kembali yang kita inginkan air normal kembali dan bersih," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :