HOME ยป SOSIAL
SOSIAL
Kamis, 25 Januari 2018 , 23:26:00 WIB

Gotong Royong Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Kemanunggalan TNI-Rakyat dapat diwujudkan dalam bentuk melakukan komunikasi sosial (Komsos). Selain itu, dapat pula berupa sikap saling menolong di tengah-tengah masyarakat atau biasa dikenal dengan istilah Gotong Royong.

"Saling membantu tanpa imbalan itulah sikap Gotong Royong. Dan Gotong Royong merupakan tradisi dan kebudayaan bangsa Indonesia sejak dahulu kala," kata Danramil, Kapten Inf Muadi saat melakukan Gotong Royong membangun Masjid Fadil Abdul Jabar di dusun Pahing RT/RW : 04/06 desa Margamukti kecamatan Cimahi kabupaten Kuningan, Kamis (25/1).

Danramil yang ditugaskan di Koramil 1507/Luragung Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ tersebut mengemukakan untuk dapat meningkatkan soliditas dan solidaritas antara satuan TNI dengan masyarakat, perlu dilakukan sinergitas keduanya.

"Sinergitas itu penting dalam rangka pencapaian tugas pokok TNI AD, khususnya membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah," ungkap Danramil.

"Babinsa juga mempunyai tugas membantu kesulitan serta memberi rasa aman bagi penduduk sekitar tempat tinggalnya," ungkapnya lagi.

Babinsa, kata Danramil, perannya dilapangan sangat diperlukan demi berjalannya program-program yang ditugaskan Komandan Kodim. Untuk itu, lanjut Danramil, kegiatan Gotong Royong ini merupakan partisipasi dari Koramil 1507/Luragung.

"Kami menyumbangkan tenaga dalam rangka pembangunan Masjid tersebut," ujar Ia.

"Kami telah perintahkan 6 orang anggota Koramil, untuk turut serta dalam kegiatan pengecoran Masjid Fadil Abdul Jabar," sebutnya.

Dijelaskan, Masjid yang dibangun dengan ukuran panjang 18 meter lebar 18 meter itu, sumber anggarannya berasal dari dana Yayasan Asypa dan Swadaya masyarakat, dengan total anggaran sebesar Rp1,2 Miliar

"Alhamdulillah hasil pekerjaan pembangunan Masjid ini sudah mencapai sekitar 40 %," sebut Danramil.

Berkesempatan hadir dalam kegiatan Gotong Royong 6 orang anggota Koramil 1507/Luragung (Serma Tukiman, Serma Wargana, Serma Heryanto, Sertu Ucu Juarsa, Serda Iwan dan Serda S. Maulana), Kepala Desa Margamukti ( Jumadi) beserta 9 orang anggota perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggota dan masyarkat sekitar sebanyak 300 orang.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :