HOME ยป SUDUT PANDANG
SUDUT PANDANG
Sabtu, 27 Januari 2018 , 05:28:00 WIB

100 Hari Bekerja, Masalah Transportasi Dan PKL Belum Terjamah Anies-Sandi






RMOLJabar. Permasalahan transportasi dan pedagang kaki lima (PKL) di Jakarta masih belum tersentuh dalam 100 hari kinerja Anies-Sandi.

Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna menjelaskan kedua hal itu merupakan pekerjaan rumah yang utama.

Pemprov sambung Yayat seharusnya bisa mendorong 40 persen warga Jakarta menggunakan transportasi publik.

"Tetapi saat ini, dari 47 juta warga Jakarta, hanya delapan juta yang menggunakan transportasi publik," kata Yayat dalam diskusi bertajuk "100 Hari Anies-Sandi: Arah Jakarta vs Branding Politik", di Jakarta Selatan, Jumat (26/1).

Yayat menambahkan jika upaya untuk mendorong masyarakat Jakarta beralih ke transportasi publik tidak serius dijalankan, maka imbasnya, pejalan kaki pun semakin sedikit lantaran warga Jakarta lebih gemar menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau pejalan kaki sedikit untuk apa buat trotoar lebar," ujarnya.

Selain masalah transportasi, Yayat juga menyampaikan mengenai masalah akut keberadaan PKL. Terlebih para PKL yang berjualan di trotoar.

Menurutnya, keberadaan PKL di trotoar karena tidak adanya pasal dalam Perda yang mengatur khusus mengenai PKL. Semestinya, sambung Yayat, Perda mengatur secara khusus keberadaan PKL sehingga memiliki legalitas dalam berjualan.

"PKL harus mendapatkan tempat yang sah. Itu PR besar yang perlu diselesaikan," pungkasnya.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :