HOME ยป KANG AHER
KANG AHER
Kamis, 01 Februari 2018 , 17:17:00 WIB

Puluhan Pabrik Cemari Lingkungan, Aher: Kita Akan Berikan Efek Jera

Laporan: Yudha Satria




RMOLJabar. Tim Survei Citarum Harum Tim Survei Citarum Harum yang terdiri dari gabungan jajaran Kodam III Siliwangi, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, pegiat lingkungan, relawan dan instansi terkait lainnya, membeberkan 31 Industri/Pabrik yang diduga kuat membuang limbahnya ke Sungai Citarum.

Data ini dirilis atas pengamatan yang dilakukan oleh tim survei mulai tanggal 17-23 Januari tahun 2018. Dan rata-rata para pabrik nakal ini membuang limbahnya ke sungai pada malam hari.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh tim survei dalam menyusuri dan merilis setiap pabrik yang membuang limbahnya ke sungai adalah hal yang harus terus dilakukan.

"Saya kira bagus dirilis seperti itu supaya ada efek jera," kata Aher sapaannya, kepada RMOLJabar, Kamis (1/2).

Selanjutnya kata Aher, 31 satu pabrik tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, dan apabila itu terbukti maka ada sanksi hukum terhadap pabrik tersebut.

"Mungkin nanti juga ditindaklanjuti secara hukum ketika itu betul-betul pelanggaran oleh kepolisian. Sehingga cita-cita kita untuk menghadirkan Citarum bersih dan harum yang tidak ada limbah, bahkan tidak ada kotoran bisa tercapai dengan baik," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :