HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Jum'at, 09 Februari 2018 , 13:21:00 WIB

Puluhan Kendaraan Online Terjaring Razia

Laporan: Fajar Sidik Supriadi




RMOLJabar. Puluhan kendaraan online terjaring operasi simpatik yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi bersama kepolisian dan Polisi Militer di Jalan RE Martadinata, Jumat (9/2).

Angkutan online yang terjaring merupakan roda empat. "Ada 30 kendaraan yang terjaring operasi simpatik ini," ujar Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Imron Wardhani, Jumat (9/2).

Menurutnya, dalam operasi tersebut tidak ada tindakan hukuman. Mereka hanya ditegur untuk mengurus proses perizinan sesuai Permenhub nomor 108 tahun 2017.

"Mereka hanya didata dan diminta untuk mempercepat proses perizinan. Apalagi Permenhub 108 ini sudah berlaku," ucapnya.

Imron mengatakan, operasi ini bersifat sosialisasi dan teguran bagi driver angkutan online yang belum memenuhi syarat dari Permenhub nomor 108 tahun 2017.

"Operasi ini sifatnya sosialisasi dan teguran kepada para pengemudi angkutan online, khususnya roda empat," ungkapnya

Menurutnya, dalam Permenhub tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh driver online. Pertama harus tergabung ke dalam wadah berbadan hukum.

"Bisa berupa PT ataupun koperasi," terangnya

Selain itu, angkutan online harus melakukan uji kir, dan mengganti plat nomor kendaraan. Ditambah dengan pemberian stiker bagi yang sudah mengurus izin tersebut.

"Nanti ada stiker khusus bagi kendaraan roda empat yang telah memenuhi syarat dalam Permenhub nomor 108 tahun 2017. Terkait nomor kendaraan, nanti akan berubah di belakangnya menjadi OLT (Online Transportation). Warnanya tetap hitam, namun ada OLT di akhir nomor, kendaraan" paparnya

Imron mengatakan, operasi simpatik ini berlangsung selama tujuh hari. Hal itu terhitung dari 9 hingga 15 Februari mendatang.

"Ini juga untuk mendata jumlah driver online yang berada di Kota Sukabumi," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :