HOME ยป POLITIK
POLITIK
Senin, 12 Februari 2018 , 08:25:00 WIB

Kuatkan Posisi BUMDes, Yoseph Umarhadi Bakal Datangkan Menteri

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Usai memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di hotel Dewanti Kota Cirebon, Anggota Komisi V DPR RI (Drs. Yoseph Umarhadi, M.Si, MA) menyatakan bakal mendatangkan Menteri dan Dirjen Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI.

"Saya bersyukur dan berbahagia bisa bertemu dan berdialog dengan Forum BUMDes kabupaten Cirebon dalam rangka sosialisasi 4 Pilar, tapi setelah itu juga saya langsung menyerap aspirasi," ungkap Yoseph Umarhadi saat ditemui di hotel Santika kota Cirebon, Minggu (11/2).

Yoseph Umarhadi menyatakan, selain aspirasi Ia pun menyerap informasi yang terkait dengan persoalan-persoalan problematika yang dialami oleh para BUMDes se kabupaten Cirebon.

"Tepat sekali karena tugas saya di Komisi V DPR RI adalah bermitra dengan Kemendes, PDT dan Transmigrasi. Yang diantaranya saya merumuskan UU dan mensukseskan UU desa, yaitu UU No. 6 tahun 2014. Pada BAB 10 pasal 87-90, bicara soal BUMDes ini," kata Ia.

Oleh sebab itu, ungkap Yoseph Umarhadi, BUMDes merupakan amanah konstitusi dan amanah UU dalam rangka memberdayakan masyarakat desa untuk bisa mandiri secara ekonomi, memiliki Badan Usaha Milik Desa sendiri, yang ditetapkan oleh kepala desa melalui peraturan desa.

Di Pasal 90, sebut Ia, sudah dengan jelas dan tegas, pemerintah pusat, provinsi, daerah hingga desa, itu wajib membangun untuk memperkuat dan mengembangkan BUMDes. Hal itu, sambung Ia, tentunya akan berhasil jika dilakukan bersama dan saling berkomitmen.

"Jangan sampai UU sudah ditetapkan, lalu tidak dilaksanakan. Saya selaku Anggota Komisi V DPR RI wajib mengingatkan itu. Mari bersama-sama komitmen untuk membesarkan BUMDes," ajak Yoseph Umarhadi.

Dengan apa yang sudah didapat melalui dialog bersama Forum BUMDes kabupaten Cirebon ini, Yoseph Umarhadi berkeyakinan forum-forum BUMDes di kabupaten dan kota lain juga akan terbentuk. Bahkan, sambung Ia, akan terus terbentuk hingga ke tingkat Provinsi dan berskala nasional (Pusat).

Disebutkan Ia, untuk di kabupaten Cirebon saja, pengurus BUMDes mencapai lebih dari 400 orang. "Mereka dominasi anak-anak muda. Visinya mulia. Melayani masyarakat, membantu tanpa pamrih dan memajukan kesejahteraan umum," pungkas Ia.

Yoseph Umarhadi mengatakan, sekalipun infrastruktur BUMDes di kabupaten Cirebon ini baru terbentuk. Namun, terangnya, eksistensi BUMDes cukup signifikan dan perkembangannya sangat luar biasa.

"Infrastruktur kan baru dibentuk, artinya pembinaan dan pendampingan perlu dilakukan secara terus-menerus. Nanti akan dijadikan bahan saya dengan Menteri untuk membicarakan masalah ini. Dan saya akan mengundang Menteri dan mengumpulkan Dirjen untuk memberikan ceramah bagi penguatan BUMDes ini," tandasnya. [bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :