HOME ยป POLITIK
POLITIK
Senin, 12 Februari 2018 , 09:42:00 WIB

Begini Aspirasi Yang Diserap Anggota Komisi V DPR RI

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Setidaknya ada 4 aspirasi yang diserap Yoseph Umarhadi, anggota Komisi V DPR RI, usai Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama Forum BUMDes kabupaten Cirebon kemarin di hotel Dewanti.

Pertama, kata Yoseph Umarhadi, adalah berkenaan dengan legalitas BUMDes. Mereka, ungkap Ia, minta dibantu segera terkait legalitas BUMDes. Menurut Yoseph Umarhadi, legalitas BUMDes merupakan sebuah pengakuan negara atas keberadaan BUMDes.

"Kan sebagaimana badan-badan lainnya. Kan ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah (BUMD). Ini ada BUMDes, dan itu belum. Hingga sekarang belum dilegalisasikan oleh Kemenkumham," ujar Yoseph Umarhadi saat di temui di Hotel Santika, Minggu (11/2).

Legalitas itu sangat vital dan krusial bagi pengelola BUMDes. Yoseph Umarhadi mengatakan dengan legalitas itu, para pengelola BUMDes dapat percaya diri ketika mereka melakukan diplomasi publik dan berkomunikasi, baik dengan badan-badan usaha lainnya maupun pihak-pihak terkait.

"Maka, saya kira itu wajib dan penting. Itu namanya memberdayakan BUMDes," tukas Ia.

Berikutnya kata Yoseph Umarhadi, mengenai kebutuhan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan permodalan. Serta, lanjut dia, terakhir berkaitan dengan aksesibilitas.

"Dan tentunya mereka memerlukan informasi-informasi kaitannya dengan kegiatan usaha dan peluang yang mereka bisa masuk ke dalamnya," ujarnya.

Dikemukakan Yoseph Umarhadi, hasil dialog bersama Forum BUMDes kabupaten Cirebon menyebutkan bahwa mereka memiliki jenis usaha yang sangat bervariatif.

"Ada yang mengelola ruko, tata niaga gas (penjualan gas) dan ada juga yang mengelola sampah. Ini kan unik. Ini bagus dan perlu diperkuat," cetus Ia.

Terkait hal itu, Yosep Umarhadi berkeyakinan ke depan keberadaan BUMDes akan menjadi tulang punggung bagi perekonomian desa serta menjadi ujung tombak dalam mengantisipasi mewabahnya aksi jaringan terorisme dan radikalisme.

"Saya titipkan kepada mereka. Tolong BUMDes juga dapat menjadi ujung tombak menangkal radikalisme dan sektarianisme. Setelah mereka mengetahui dan memahami materi sosialisasi 4 pilar kebangsaan, mereka menyatakan bersedia untuk melakukan hal itu," tandasnya. [bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :