HOME ยป RAGAM
RAGAM
Senin, 12 Februari 2018 , 17:06:00 WIB

Tim Sergap Gabah Mabes TNI AD Sambangi Makorem 063/SGJ.

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Tim Sergap Gabah Mabes TNI AD dipimpin langsung Kolonel Inf Eddy Siahaan menyambangi Wilayah Korem 063/SGJ dalam rangka peninjauan kelancaran pelaksanaan penyerapan Gabah dari petani, Senin (12/2).

Diketahui, Tim Sergap Gabah dari Mabes TNI AD di ketuai oleh Kolonel Inf Eddy Siahaan. Sebelum berkunjung ke Kodim jajaran Tim Sergap menerima Paparan dari Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP di Ruang Data makorem 063/SGJ Jalan Brigjend Dharsono By Pass Kota Cirebon.

Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka mendukung dan menyukseskan Program Pemerintah dalam Pencapaian Swasembada pangan.

"Keterlibatan berbagai pihak diharapkan mendorong program serap gabah. Kami menekankan agar penyuluh pertanian selalu mendampingi para petani untuk bisa membantu menyerap gabah hasil panen di wilayahnya kemudian disetorkan ke Bulog," tegas Danrem.

Untuk menyelamatkan harga gabah yang anjlok lantaran melimpahnya pasokan, menurut Danrem dibutuhkan kerja keras yang lain.

"Serap Gabah kemudian digalakkan untuk menjadi solusi agar harga gabah tidak kemudian jatuh tersungkur di bawah HPP," ujarnya.

Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP menambahkan pertumbuhan ekonomi industri, baik berupa infrastruktur maupun perumahan, terus mengalami peningkatan. Sehingga, lanjut Ia, luas lahan sawah semakin berkurang dan berpengruh pada pencapaian hasil panen.

"Masih minimnya luas panen di wilayah Kodim jajaran Korem 063/SGJ sehingga mengharuskan Bulog untuk membeli gabah/beras dari luar Wilayah Korem 063/SGJ," lanjut Danrem.

Belum lagi, imbuh Ia, persoalan distribusi atau sirkulasi. Para petani, sebutnya, lebih memilih menjual gabah/beras kepada tengkulak dengan harga lebih tinggi di bandingkan harga Bulog.

"Selain itu, curah hujan yang tinggi turut mempengaruhi harga dan kualitas. Juga masih terdapat wilayah yang terserang WBC (Wereng Batang Coklat) sehingga berpengaruh pada hasil panen," paparnya.

Diketahui, Tim Serap Gabah terdiri atas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kelompok Nelayan Tani Andalan (KNTA), Badan Urusan Logistik (Bulog), TNI, serta Pemerintah Daerah. Kegiatan di hadiri Para Kasi Korem 063/SGJ dan Para Kasdim Jajaran Korem 063/SGJ.

Tim Sergap dari Mabes TNI AD diketuai Kolonel Inf Eddy Siahaan, Kolonel Kav Hilman dan Kolonel Arh Dodo Irmanto.

"Tim Sergap Gabah akan mengunjungi Kodim-Kodim Jajaran Korem 063/SGJ," tambah Danrem. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :