HOME ยป POLITIK
POLITIK
Selasa, 13 Februari 2018 , 21:01:00 WIB

Suasana di SOR Arcamanik Sebelum Pengundian Nomor Urut Pilgub Jabar

Laporan: Yudha Satria




RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan menggelar pengundian nomor urut untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (13/2)

Dari pantauan wartawan RMOLJabar, sejumlah telah mempersiapkan kelengkapan acara. Di dalam gedung, panggung megah sudah disiapkan beserta layar lebar. MC acara tampak sedang melakukan gladi persiapan untuk pengundian nomor urut.

Deretan kursi-kursi sudah berbaris rapi di depan panggung. Panitia juga tampak mempersiapkan area untuk pendukung para pasangan calon. Penataan lampu dan cek sound juga tengah dilakukan.

Di luar gedung, petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP juga sudah bersiaga. Selain itu, bentangan spanduk masing-masing paslon sudah terpasang di pinggir jalan sekitar area SOR Arcamanik.

Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq menjelaskan, pengundian kali ini bakal dikemas dalam rangkaian acara formal dan dibalut rangkaian kesenian tradisional. Acara tersebut dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

 "Kegiatan ini akan dihadiri sekitar 1.500 undangan, terdiri atas masing-masing 200 pendukung paslon dan 700 orang dari unsur pemerintahan dan Bawaslu, Ketua KPU Provinsi se-Indonesia, bupati/walikota dan panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat," katanya.

Teknis pengundian kali ini berbeda dengan Pilgub sebelumnya, karena para paslon mengambil nomor urut dari sebuah kendi (alat penyimpan air minum tradisional) yang menjadi simbol dan sarat akan makna.

"Nomor itu akan menjadi identitas paslon, yang selanjutnya digunakan untuk alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye (BK), dan surat suara. Para paslon tidak diberi kesempatan menyampaikan pidato dalam forum, tetapi langsung menandatangani deklarasi damai," pungkasnya.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :