HOME ยป PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
Rabu, 14 Februari 2018 , 12:19:00 WIB

Peran Mahasiswa Dalam Menangkal Radikalime dan Terorisme

Laporan: Rizal Fadillah




RMOLJabar. Dosen Fakultas Dakwah Unisba Dr, Hj, Kurniati Syam, Dra, M.Si, menjadi salah satu nara sumber dalam acara seminar motivasi yang bertemakan 'Spirit of Indonesia' yang bertempat di Gedung Kartimi Kridoharsojo Unisba, Bandung.

Dirinya mengimbau kepada para mahasiswa sebagai generasi muda yang mempunyai semangat besar agar bisa menanami nilai-nilai kedakwahan di dalam setiap aktifitas.

"Mahasiswa-mahasiswa Unisba harus bisa melumuri kegiatan aktifitas di dunia ini dengan dakwah. Sebagai generasi muda harus mempunyai spirit, dan motivasi dalam diri," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, dalam upaya mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme, peran mahasiswa pun sangat penting. Sebab, mahasiswa juga bisa menangkal gejala radikalisme dan terorisme.

"Fenomena sekarang Islam dianggapkan teroris, Islam di pinggirkan. Kita Sebagai mahasiswa Islam harus cerdas menyikapi hal ini," paparnya

Mengingatkan peran mahasiswa sangat penting sebab masyarakat bisa jadi lebih percaya terhadap mahasiswa dari pada aparat. Maka, sikap dan perilaku mahasiswa pun sangat penting.

"Peran mahasiswa sangat penting sebab masyarakat menilai mahasiswa sebagai kaum intelektual dan contoh bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, mahasiswa juga merupakan agen perubahan sekaligus generasi penerus bangsa. Maka, penting bagi mereka untuk mendapatkan pemahaman dan wawasan yang lebih tentang ilmu agama. Supaya mahasiswa juga bisa membantu mewujudkan kerukunan umat beragama.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua MPR-RI Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan sebagai keynote speaker, dan dilanjutkan dengan diskusi panel yang diisi oleh Ketua KPK periode 2011-2015 Dr. Abraham Samad, S.H., M.H., Anggota DPD/MPR RI, Oni Suwarman, A.Md.[bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :