HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Rabu, 14 Februari 2018 , 15:32:00 WIB

Bupati dan Kapolres Karawang Sidak Penyimpanan Limbah Beracun

Laporan: Ega Nugraha




RMOLJabar. Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi penyimpanan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) batubara di Kampung Mekarmukti, RT 002/001, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (14/2).

Akibat limbah batubara tersebut, Senin (12/2) lalu, sebanyak delapan orang warga sekitar mengalami keracunan, hingga dilarikan ke klinik dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk mendapat perawatan medis.

Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan, mengatakan, kasus keracunan yang menimpal delapan warga Kampung Mekarmukti, RT 002/001, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat masih proses penyelidikan.

"Untuk sementara kita masih memastikan kronologis limbah batubara tersebut bisa berada di lokasi tersebut. Jajaran masih mengumpulkan berbagai alat bukti untuk memenuhi unsur sengaja melakukan kejahatan lingkungan hidup," kata Hendy, Kamis (14/2/2018).

Diakuinya, dirinya bersama sama dengan Bupati Cellica Nurrachadiana sudah melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP) untuk sinergitas penyelesaian masalahnya.

"Saya dan ibu bupati sudah memberikan pengertian kepada masyarakat sekitar TKP, khususnya agar masyarakat tidak sembarangan meminta limbah ke perusahaan," jelasnya.

Sejauh ini, kata Hendy, tidak ada lagi korban keracunan akibat limbah batubara tersebut.

"Untuk antisipasi adanya korban lagi, sore ini setelah petugas Lab Forensik Mabes Polri melakukan olah TKP, maka barang bukti limbah akan segera dibersihkan dari lokasi," tandasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :