HOME ยป POLITIK
POLITIK
Rabu, 14 Februari 2018 , 16:43:00 WIB

Panwaslu: Masyarakat Harus Cermat Memilih Kata

Laporan: Fajar Sidik Supriadi




RMOLJabar. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin mengimbau masyarakat untuk cermat dalam menyampaikan kosakata.

Apalagi saat ini banyak tagline peserta Pilkada yang lazin digunakan oleh masyarakat umum.

"Saat ini harus cermat-cermat dalam penggunaan kosakata. Sehingga, tidak dianggap menjurus ke salah satu calon peserta Pilkada," ujarnya, Rabu (14/2).

Aminuddin mengatakan, kesalahan dalam penyampaian kosakata tersebut dapat menjadi konflik sosial antar masyarakat. Apalagi jika di dalam lingkungan masyarakat memiliki dukungan yang berbeda.

"Bisa saja ada tetangga yang salah melafalkan kata, sehingga menjadi konflik di antara mereka," ucapnya.

Pemilihan kosakata dalam berucap ini juga harus diperhatikan oleh penyelenggara Pemilu. Baik itu Panwaslu ataupun KPU.

"Kita sebagai penyelenggara Pemilu harus profesional. Jadi harus menjaga kenetralitasan kita. Jangan sampai salah pengucapan kata, menjadi dianggap tidak netral," ungkapnya.

Apabila terlanjur mengucapkan kosakata yang menjurus ke salah satu calon, kata Aminuddin, segeralah mengklarifikasi. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

"Misalnya tujuannya mengucapkan kata sebenarnya, namun ada calon yang menggunakan kata tersebut sebagai tagline, maka harus segera mengklarifikasi. Sehingga tidak dianggap mengkampanyekan salah satu calon," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :