HOME » PEMERINTAHAN
PEMERINTAHAN
Rabu, 14 Februari 2018 , 17:06:00 WIB

Ini Sosok Plt Wali Kota Bandung

Laporan: Rizal Fadillah




RMOLJabar. Asisten Daerah Bidang Administrasi Setda Pemprov Jabar M. Solihin ditunjuk Kementerian Dalam‎ Negeri sebagai‎ pelaksana tugas (Plt) WaliKota Bandung Ridwan Kamil yang bakal maju dalam Pemilihan Gubernur Jabar.

M. Solihin akan memegang tugas pimpinan daerah selama petahana tersebut cuti di luar tanggungan negara karena tengah menjalani masa kampanye mulai 15 Februari - 23 Juni 2‎018 mendatang.

Adapun pengukuhan ini dilakukan sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor T.131/1209/OTDA tanggal 12 Februari 2018, tentang Pengkuhan Pelaksana Tugas Bupati/Walikota dan Serah Terima Nota Pengantar Tugas, yang mengamanatkan bahwa dalam rangka keseragaman tata cara Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Bupati/Walikota, acara Pengkuhan Pelaksana Tugas Bupati/Walikota dan Serah Terima Nota Pengantar Tugas dilaksanakan di Ibukota Provinsi sebelum Masa Kampanye.

Hal ini dipertegas kembali melalui surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-238 sampai dengan 243 dan nomor 131.32-209 tahun 2018 tentang penunjukan pejabat sementara Bupati dan Walikota, seiring dengan telah terbitnya Keputusan Mendagri Nomor 131.32-9985 Tahun 2018, tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Walikota Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan di Jawa Barat terdapat tujuh daerah yang kepala daerah dan wakil kepala daerahnya mengikuti Pilkada Serentak Tahun 2018, yaitu Bekasi, Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Ciamis.

"Sehingga sesuai ketentuan pasal 4 Permendagri 74 tahun 2016 nomor 1 tahun 2018 harus ditunjuk pejabat sementara atau Pjs Bupati/Walikota sampai selesainya masa kampanye," kata Aher usai memimpin pengukuhan Pelaksana Tugas Bupati dan Walikota, di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (14/2).


Proses penunjukan pejabat sementara ini telah di tempuh sesuai ketentuan pasal 5 permendagri nomor 1 tahun 2018 yang diawali dengan mekanisme pengusulan calon pejabat sementara dari gubernur untuk kemudian ditunjuk dan di tetapkan oleh mendagri.

"Alhamdulillah keputusan Menteri Dalam Negeri tentang penunjukan pejabat sementara bupati/walikota dan bupati telah kita serah terimakan pada hari ini," tandas Aher. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :