HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Rabu, 14 Februari 2018 , 17:15:00 WIB

Begini Persiapan dan Kendala Saat Eksekusi Penanganan Bencana

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Setiap mendapatkan laporan tentang bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon selalu sigap untuk mengeksekusi dan memberikan bantuan ke wilayah yang mengalami bencana.

Bahkan tidak hanya berdasarkan laporan, tindakan preventif pun dilakukan. Pendeteksian dini oleh BMKG sering dijadikan dasar BPBD untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

Biasanya, terang dia, BMKG memberikan keterangan peringatan dini terkait cuaca hujan tinggi.

Demikian dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman saat ditemui di ruang kantornya, Rabu (14/2).
Begitu mendapatkan laporan, baik melalui masyarakat, aparat desa, maupun Camat, terang Eman Sulaeman, BPBD kabupaten Cirebon langsung mengirimkan Tim Satgas Penanggulangan Bencana ke titik lokasi.

"Dengan membawa perahu karet, bifer (pompa penyedot air), plampung, senso (pemotong kayu), mobil truck dan motor trail," sebut Eman.

Selain itu, lanjutnya, jika keadaan bencana memang cukup parah maka BPBD akan melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban bencana.

Serta, katanya, menyediakan bantuan berupa dapur umum dan tenda pengungsian.

Eman mengemukakan, dalam mengantisipasi bahaya bencana yang akan terjadi, BPBD Kabupaten Cirebon pun punya media komunikasi berupa group WhatsApp.

Menurut Eman, dalam mengatasi bencana alam seperti banjir, Tim Satgas BPBD, secara tekhnis, kadang mengalami kendala.

Diakuinya, kendala yang sering dihadapi saat eksekusi penanganan banjir diantaranya pihak korban tidak ingin di evakuasi lantaran khawatir dengan keadaan harta benda yang dimiliki.

"Kadang-kadang korban tidak mau di evakuasi, kalau banjir, takut kehilangan harta benda saat dievakuasi. Dan juga, kendala lainnya, apabila banjir terjadi di perumahan, gang nya kecil-kecil perahu karet sulit masuk," tandasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :