HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 15 Februari 2018 , 02:00:00 WIB

Parpol Harus Survei Tingkat Kepuasan dan Kesiapan Masyarakat Berdemokrasi

Laporan: Yudha Satria




RMOLJabar. Partai Politik bukan hanya berbicara perebutan kekuasaan, akan tetapi ada tugas yang mulia yang harus dilakukan oleh Partai Politik, yakni memberikan pendidikan politik yang baik dan sehat.

Bahkan Parpol mempunyai kewajiban untuk meneliti dan menyurvei seberapa persen masyarakat yang paham akan politik, dan berapa persen tingkat kesiapan masyarakat dalam berdemokrasi.

Begitu dikatakan, Guru Besar Komunikasi Politik UIN SGD Prof Dr H Asep Saiful Muhtadi MA, saat berbincang hangat dengan wartawan RMOLJabar, Rabu (12/2).

"Parpol itu harus melakukan survei tingkat kepuasan masyarakat, tingkat kesiapan masyarakat dalam berdemokrasi, masyarakat jangan-jangan tidak puas," kata Asep Samuh sapaannya.

Setelah itu kata dia, hasil survei tersebut ditindaklanjuti oleh pendidikan politik yang diberikan oleh Parpol kepada masyarakat.

"Pendidikan politik itu proses pendidikan yang berlangsung dalam kehidupan nyata ikut pemilu dia ngerti bukan hanya ikut nyoblos saja mengerti apa konsekuensinya dia memilih apa resikonya kalau tidak memilih kira-kira implikasinya dia ikut memilih jangan sampai asal milih saja," jelasnya.

Sehingga, para Parpol tidak hanya memberikan pendidikan politik setiap momentum pemilu saja, akan tetapi pendidikan politik itu harus berlangsung sepanjang hayat oleh parpol. [jar]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :