HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 15 Februari 2018 , 02:18:00 WIB

Lambat Berikan Desain APK, Paslon Rugi!

Laporan: Yudi R Sudirman




RMOLJabar. Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengaku belum menerima desain alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) dari tim kampanye, padahal kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kuningan Asep Z Fauzi, masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Paslon Bup dan Wabup) Kuningan sudah memiliki nomor urut.

Asep menyebutkan, pasca penetapan nomor urut Paslon ada kesempatan 5 hari untuk menyiapkan desain, dimana ketentuannya mengacu pada pasal 24 ayat (4), dan pasal 29 ayat (4) peraturan KPU nomor 4 tahun 2017, tentang kampanye Pilkada.

"Di PKPU nomor 4 tahun 2017 memang batas penyerahan desain itu 5 hari sejak penetapan Paslon. Namun, KPU sudah melayangkan surat resmi sebelum penetapan agar semua tim bisa menyiapkan desain sejak dini. Kalau tim kampanye lebih cepat menyerahkan desain tentu akan menguntungkan buat mereka, sebab proses pencetakan bisa segera dimulai dan cepat selesai untuk selanjutnya diserah terimakan kepada tim kampanye," ujar Asep.

Dijelaskan Asep, secara teknis pihaknya sudah siap memfasilitasi pencetakan APK dan BK untuk kegiatan kampanye Paslon, namun proses pencetakan tidak bisa dimulai selagi KPU belum menerima dan menetapkan desain dari tim kampanye.

"Aturannya memang seperti itu, desain dan materi APK, serta bahan kampanye dibuat dan dibiayai oleh partai politik atau gabungan partai politik, Paslon dan atau tim kampanye sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh KPU," jelasnya.

Asep memperinci, jenis-jenis APK dan bahan kampanye yang akan dicetak oleh KPU dan diterima oleh masing-masing Paslon, untuk APK meliputi baligo sebanyak 5 buah, umbul-umbul 20 buah kali 32 kecamatan atau sebanyak 640 buah, dan spanduk 2 buah kali 376 desa/kelurahan atau sebanyak 752 buah.

"Sementara untuk bahan kampanye mencakup 4 jenis, yaitu selebaran (flyer), brosur (leaflet), pamflet, dan poster, semuanya dicetak sesuai jumlah kepala keluarga, kecuali poster hanya 10% saja dari jumlah KK," jabarnya.

Asep menambahkan, jumlah KK di Kabupaten Kuningan mencapai 340.935, adapun spesifikasi, jumlah dan ukurannya sudah disampaikan pihak KPU dan sudah disepakati oleh semua komponan yang hadir pada acara rapat koordinasi yang digelar tanggal 5 Februari 2018 di RM Lembah Ciremai.

"Tim kampanye dibolehkan mencetak sendiri APK dan BK, ketentuannya untuk jenis APK boleh menambah 150% dari jumlah alokasi yang disediakan, sedangkan untuk jenis bahan kampanye sebanyak 100% dari jumlah KK. Terkait konten desain tim kampanye wajib berpedoman pada ketentuan pasal 24 ayat (1), (2) dan (3) untuk Bahan Kampanye dan pasal 29 aya (1), (2) dan (3) untuk Alat Peraga Kampanye," tutur Asep. [jar]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :