HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 15 Februari 2018 , 08:16:00 WIB

Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pilgub Jabar

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018.

Terutama jika melihat kejanggalan yang menjurus pelanggaran, dengan melaporkan ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu), secara tidak langsung masyarakat sudah membantu mensukseskan kontestasi pilkada.

"Kekuatan dan pengawasan semuanya sama, masyarakat akan memperhatikan situasi dan kondisi, juga membantu Bawaslu bila terjadi pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto usai Deklarasi Tolak dan Lawan Poltik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Rabu (14/2) malam.

Harminus menuturkan, meskipun tahapan selanjutnya proses pilkada merupakan waktu yang rentan dalam melakukan politisasi uang. Namun dengan adanya deklarasi tersebut pihaknya meyakini pelanggaran itu tidak akan terjadi terutama di Jawa Barat.

"Memang rentan, namun kita cegah dan ternyata semua stakeholder-stakeholder terkait menyambut baik," ucap Harminus.

Disinggung terkait indikasi serangan fajar yang mungkin terjadi ketika sehari sebelum pencoblosan, pihaknya telah menyiasati dengan memberikan tenggang waktu selama tiga hari bagi para pasangan calon.

"Selama tiga hari sebelum pencoblosan, kita berikan hari tenang. Di sini paslon tidak ada lagi yang mempengaruhi apapun kepada masyarakat mulai dari uang dan janji-janji," pungkas Harminus. [bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :