HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 15 Februari 2018 , 08:48:00 WIB

Begini Poin Deklarasi Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA Pilkada 2018

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Deklarasi Tolak & Lawan Poltik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Rabu (14/2) malam.

Pembacaan deklarasi, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto. Sedangkan undangan yang turut diundang ke atas panggung dari pasangan calon yakni, Calon gubernur Jabar Deddy Mizwar dan Sudrajat. Sedangkan, Calon Wakil Gubenur Jabar Ahmad Syaikhu dan Uu Ruzhanul Ulum.

Tak ketinggalan ikut mendeklarasikan politik uang dan politisasi SARA, Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Pangdam III/Siliwangi Doni Munardo dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Berikut lima butir Deklarasi Tolak & Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 berintegritas, diantaranya:

1. Mengawasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali kota dan Wakil Wali kota Tahun 2018 dari politik uang dan politisasi SARA karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

2. Tidak menggunakan politik uang dan SARA sebagai cara mempengaruhi pilihan pemilih karena mencederai integritas penyelenggaraan Pilkada.

3. Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan visi, misi dan program kerja, bukan karena politik uang dan SARA.

4. Mendukung pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan politisasi SARA yang dilakukan oleh pengawas pemilu.

5. Tidak akan melakukan intimidasi, ujaran kebencian, kekerasan, atau aktivitas dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran politik uang dan SARA. [bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :