HOME ยป POLITIK
POLITIK
Sabtu, 17 Februari 2018 , 03:12:00 WIB

Pjs Walikota Waspadai Bencana Alam di Cirebon

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Pjs Walikota Cirebon, Dedi Taufikkurohman menyatakan kota Cirebon sebagai salah daerah di Jawa Barat yang terindikasi darurat bencana.

"Berikutnya saya akan mendatangi kejadian bencana yang memang beberapa hari yang lalu sudah dikatakan bahwa Jabar ini siaga bencana. Juga Kota Cirebon ini ada status darurat," ungkap Dedi dihadapan awak media belum lama ini di RM. Sederhana Jl. Kartini kota Cirebon.

Menurut Dedi bicara bencana, khususnya terkait banjir mesti dilakukan secara sistemik. Bagaimana kondisi hulu hingga hilirnya, termasuk juga pola kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau kurang baik, itu pun menjadi persoalan.

"Makanya kita akan benahi dan saya akan mengunjungi Balai Besar. Karena sungai-sungai ini dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai bukan oleh pemerintah kota Cirebon," ungkapnya.

Sehingga, lanjut Ia, terkait penanganannya (early warning) bersifat systemik dan secara button make tidak hanya di tangan pemerintah daerah saja. Dengan demikian, kata Dedi, dampaknya pun bisa diminimalisir dan masyarakat kota Cirebon tidak lagi merasa khawatir dengan banjir saat musim hujan tiba.

"Termasuk juga kami akan coba nanti kira-kira akan saya potret dulu secara sistem itu seperti apa. Nanti hulunya dari mana, katanya dari Kuningan, terus kemudian juga berakhirnya di Muara Utara itu seperti apa. Karena ada beberapa dust yang masuk di Cirebon ini. Sehingga nanti dapat diketahui berbagi perannya seperti apa," tandasnya.

Sekedar diketahui pada Jumat (16/2) Dedi telah menjalankan monitoring wilayah Benda Kulon kelurahan Argasunya kecamatan Harjamukti kota Cirebon akibat dampak longsor. [jar]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :