HOME » KANG DEDI
KANG DEDI
Jum'at, 16 Maret 2018 , 13:48:00 WIB

Peradaban Sungai Bakal Jadi Wisata Andalan Jawa Barat

Laporan: Yuslipar




RMOLJabar. Jawa Barat menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang dialiri oleh banyak sungai, termasuk dalam hal ini Kota Bekasi.

Wilayah yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota Jakarta itu banyak memiliki sungai besar yang mengelilingi pemukiman warga.

Akan tetapi, kondisi sungai-sungai itu tidak jauh berbeda dengan kondisi sungai pada umumnya. Selain kotor dan tidak terawat, fungsi sungai-sungai itu juga tidak dimaksimalkan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari.

Melihat fenomena ini, calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memiliki program untuk mengubah aliran sungai itu menjadi bersih. Implikasi yang dia harapkan, sungai-sungai itu dapat bermanfaat sebagai destinasi wisata andalan Jawa Barat.

Saya memiliki gagasan, ini harus dibuat penataan komprehensif. Sungai dijernihkan agar menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Barat,” katanya di bantaran Sungai Duren Jaya dan Kalimalang, Jumat (16/3).

Kedua sungai tersebut mengalir di tengah pemukiman warga di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Setelah sungainya dibersihkan, pemukiman di sekitar sungai tersebut ditata dengan baik dengan pola menghadap ke sungai. Langkah ini dalam rangka menarik minat wisatawan untuk datang ke tempat itu.

Menurut Dedi Mulyadi, cara ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. Gagasan tersebut liniear dengan konsep penataan lima ribu kampung yang juga digagas oleh mantan Bupati Purwakarta dua periode itu.

"Ini yang saya katakan, bisa juga menjadi sarana transportasi. Warga di sini tidak perlu menggunakan motor, transportasi sungai bisa menjadi alternatif," katanya.

Konsep penataan milik pria yang lekat dengan iket Sunda itu nampaknya tidak berhenti sampai di situ. Dia mengungkapkan, sisi kiri dan kanan sungai dapat di bangun taman untuk mempercantik tata ruang wilayah.

Nantinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga membuat jembatan dengan bentuk melengkung. Desain jembatan tersebut berbeda dengan desain yang digunakan saat ini yang bentuknya lurus. Jembatan melengkung dapat menjadi destinasi wisata tersendiri bagi wisatawan.

"Perahu itu nanti bisa lalu lalang, di kanan kiri sungai ada taman. Saya yakin akan banyak peminat. Desain jembatan juga tidak bisa seperti sekarang, harus melengkung ke atas," ujarnya.

Gagasan tersebut pernah diungkapkan oleh Dedi Mulyadi saat beristirahan di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat. Daerah yang dialiri sungai dia proyeksikan menjadi Poros Wisata Air. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :