HOME ยป KANG DEDI
KANG DEDI
Jum'at, 23 Maret 2018 , 15:25:00 WIB

Tekan Angka Kemiskinan di Perkotaan, Dedi Mulyadi Gulirkan Subsidi Kontrakan

Laporan: Yuslipar




RMOLJabar. Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi siap menggulirkan program subsidi kontrakan untuk warga Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan terutama di wilayah perkotaan.

Mantan Bupati Purwakarta dua periode tersebut mengungkapkan program unggulannya saat berkunjung ke Kota Bekasi. Tepatnya, di Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Jumat (22/3).

"Sistemnya bisa kerjasama. Saya nanti bersama calon Wali Kota Bekasi menggulirkan program subsidi sewa rumah kontrakan. Khusus warga perkotaan seperti di Kota Bekasi ini," katanya kepada awak media.

Gagasan tersebut bergulir karena pria beriket Sunda berwarna putih itu kerap menerima keluhan warga selama di Kota Bekasi. Sejak minggu lalu, dirinya keluar masuk gang sempit di kota tersebut.

"Nanti, biaya yang biasa mereka keluarkan membayar kontrakan rumah itu ditabung. Sehingga, mereka memiliki uang cukup untuk uang muka kredit rumah di perumahan," ujarnya.

Secara teknis, pembiayan program ini dapat terwujud melalui APBD kota besar. Dia mencontohkan APBD Kota Bekasi yang memiliki potensi pendapatan yang besar dari pajak kendaraan bermotor. Dana sebesar Rp1,2 triliun per tahun diperoleh dari sumber tersebut.

Sebagian dana tersebut menurut Dedi Mulyadi dapat dialirkan untuk pemenuhan biaya kebutuhan kontrakan bagi warga kurang mampu.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat nanti membantu untuk pembiayaan itu. Jadi, gabungan pembiayaan dari provinsi dan kabupaten/kota, saya kira cukup," tegasnya.

Pembiayaan bersama ini merupakan bentuk komitmen Dedi Mulyadi untuk membangun sinergitas. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan seluruh kabupaten/kota harus sama-sama berorientasi pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya sudah menyampaikan kalau program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tidak bisa saling bersaingi. Akan tetapi, harus saling melengkapi agar tidak terjadi pemborosan anggaran," tegasnya.

Keberhasilan program subsidi di bidang lain menjadi motivasi baginya untuk mewujudkan program subsidi kontrakan rumah. Program subdisi seperti di bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan lain sudah berhasil bersinergi.

"Kalau infrastruktur, pendidikan, kesehatan kan sudah berjalan. Saya yakin, program subsidi sewa kontrakan juga akan berjalan dengan baik," ungkapnya.

Kontan saja, program yang bakal terlaksana segera setelah Dedi Mulyadi terpilih di Pilgub Jabar tersebut mendapatkan apresiasi. Jaka (58) seorang warga setempat menyambut baik program tersebut.

Dia mengatakan dirinya dan warga lain akan terbantu karena pelaksanaan program ini. Karena itu, dia berdoa agar program ini dapat terlaksana. "Aduh ini luar biasa sekali. Semoga cepat terwujud ya Kang Dedi," singkatnya. [jar]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :