HOME ยป EKBIS
EKBIS
Sabtu, 07 April 2018 , 17:47:00 WIB

Sofyan Djalil: 2025 Tanah di Indonesia Ditargetkan Tersertifikasi

Laporan: Fajar Sidik Supriadi




RMOLJabar. Kementerian Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menargetkan seluruh bidang tanah di Indonesia tersertifikasi pada 2025. Hal itu juga sesuai yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. "Tujuh tahun lagi paling lambat. Sesuai yang dicanangkan Pak Joko Widodo," ujar Menteri Agraria, Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil saat memberikan sambutan terkait penyerahan sertifikat tanah di Lapang Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (7/4).

Sofyan mengatakan, untuk Jawa Barat sendiri, tahun ini ada 1.270.000 sertifikat yang akan dibagikan. "Orang yang belum memiliki bisa tahun depan, atau tahun depannya lagi," ucapnya.

Dari semua itu, kata Sofyan, sebanyak 3.063 sertifikat yang akan diberikan kepada masyarakat Jawa Barat. Jumlah tersebut untuk lima daerah di Jawa Barat yang terdiri dari Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, Cianjur, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi. "Kabupaten Bandung Barat sebanyak 1.001 penerima, Kabupaten Cianjur sebanyak 1.000 penerima, Kabupaten Sukabumi sebanyak 300 penerima, Kabupaten Purwakarta sebanyak 600 penerima, dan sisanya dari Kota Sukabumi," ungkapnya.

Menurutnya, satu diantara sekian banyak manfaat sertifikar itu untuk menghindari konflik. Namun, katanya sampai saat ini masih relatif cukup banyak bidang tanah yang belum bersertifikat. "Makanya, pak presiden memerintahkan kami di ATR/BPN untuk terus secepat-cepatnya menyertifikatkan bidang-bidang tanah," pungkasnya.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :