HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 12 April 2018 , 07:50:00 WIB

Panwas Proaktif Ingatkan Timses Tidak Kampanye di Tempat Ibadah

Laporan: Ega Nugraha




RMOLJabar. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cikampek proaktif mengingatkan kepada tim sukses maupun pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2018 untuk tidak melakukan kampanye di tempat ibadah.

Menurut Ketua Panwaslu Kecamatan Cikampek, Isuhardi, mengatakan, aturan pelarangan kampanye di tempat ibadah sudah secara tegas diatur oleh undang-undang.

"Tempat ibadah dan sekolah kan enggak boleh (jadi tempat kampanye ) bagi calon peserta Pilkada maupun tim sukses. Itu diatur undang-undang loh," kata Isuhardi, Kamis (12/4), saat dihubungi.

Kata dia, aturan tersebut mengacu pada Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015. Selanjutnya, aturan itu diubah dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

"Pencegahan ini dilakukan dengan selalu mengingatkan agar tidak berkampanye saat mengunjungi tempat ibadah," katanya.

Ia mengatakan, petugas pengawas pemilu akan selalu proaktif dalam mengawasi kegiatan para pasangan calon dan tim sukses pasangan calon cagub selama masa kampanye.

Meski demikian, dia mengatakan, terdapat kegiatan di luar kampanye yang tidak diberitahukan ke Panwascam oleh tim sukses paslon .

"Kami proaktif untuk mengawasi kegiatan para pasangan calon maupun timses untuk melakukan pencegahan agar tidak melanggar ketentuan," tutupnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :