HOME ยป PEMERINTAHAN
PEMERINTAHAN
Kamis, 12 April 2018 , 13:02:00 WIB

Santri Disiapkan Tanggap Bencana

Laporan: Irpan Wahab




RMOLJabar. Santri saat ini, tidak hanya cukup mengkaji dan menggali Al-Qur'an serta sejumlah kitab. Akan tetapi harus mampu sigap terhadap lingkungan termasuk bencana alam.

Oleh sebab itu, mereka dituntut untuk mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam penanggulangan bencana.

Ini yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya. BPBD membekali pendidikan tanggap bencana pada 50 santri dari sejumlah pesantren di 10 Kecamatan.

"Ini untuk membentuk santri yang siap dalam menghadapi bencana, " kata Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Zalkap Drasma Kamis (12/4).

Zalkap menambahkan,  sejumlah pendidikan rescue (penyelamatan) menjadi materi utama yang diberikan kepada puluhan santri dan santriwati ini.

Seperti Vertical Rescue, Water Rescue, evakuasi korban, bongkar pasang tenda darurat hingga pengelolaan dapur umum. Pihaknya berharap bisa membangun dan memandirikan relawan yang ada di lingkungan pesantren.

"Setelah dibekali pendidikan yang kami berikan, mereka bisa mengimplementasikan ke rekan-tekannya apa yang didapatkan dalam penanggulangan bencara. Sehingga santri juga bisa mandiri dalam menanggulangan bencana," ujarnya.

Ditambahkan Zalkap, pendidikan rescue ini baru pengenalan saja atau tingkat dasar. Meski demikian, hal ini menjadi pengetahuan penting bagi masyarakat di luar petugas BPBD.

Bila mereka sudah mengetahui dasarnya, setidaknya berbagai element yang telah dirangkul BPBD ini bisa bergabung tanggulangi bencana, ketika suatu saat ada bencana.

"Sudah puluhan pondok pesantren dari 30 kecamatan yang telah terbentuk santri relawan bencana," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :