HOME ยป POLITIK
POLITIK
Kamis, 12 April 2018 , 18:14:00 WIB

Wabup Yayat Tak Terlibat Tanggung Renteng Biaya Pilkada

Laporan: Tri Junari




RMOLJabar. Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Yayat T Soemitra mengaku tak tahu adanya tanggung renteng yang dilakukan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga akhirnya diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tidak tahu, terakhir saya berkomunikasi dengan Pak Bupati Senin lalu," ungkap Yayat di gedung Setda Komplek Perkantoran Pemkab Ngamprah, Kamis (12/4).

Seperti diketahui, tiga kepala dinas dan bupati Abubakar resmi dinyatakan sebagai tersangka terkait tanggung renteng biaya pilkada istri Bupati dengan barang bukti hasil operasi tangkap tangan KPK senilai Rp435 juta.

Selain Abubakar, KPK menangkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Weti Lembanawati, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Asep Hikayat dan Kepala Bapelitbangda Adiyoto.

Soal setoran Rp40 juta per dinas, Yayat mengaku semua tengah dalam peroses penyidikan di KPK. Pihaknya menyerahkan semuanya kepada penyidik untuk mengungkapnya.

"Apa yang bisa kita bantu kita bantu, kooperatif saja," ujarnya.

Disinggung soal kekosongan dan pencopotan jabatan ketiga Aparatur Sipil Negara (ASN) ini, Yayat menerangkan ada mekanisme yang mengatur semua itu.

"Bukan hanya kepala dinas, tapi kepala daerah juga (dicopot). Kita tunggu saja perkembangannya," ucapnya. [bon]






BERITA LAINNYA

RUBRIK   :