HOME ยป EKBIS
EKBIS
Jum'at, 13 April 2018 , 04:32:00 WIB

Jateng Siap Pasok Cabai Dan Bawang Merah Ke Jakarta Selama Puasa






RMOLJabar. Jawa Tengah akan ikut memasok cabai dan bawang merah ke DKI Jakarta selama bulan Puasa dan Lebaran tahun ini.

Jakarta pada Periode Mei-Juni 2018, diprediksi kebutuhan cabai akan mencapai 100 ton per hari dan bawang merah sekitar 122 ton per hari.

Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (12/4).

"Kebutuhan ini akan dipasok terutama dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur," terang dia.

Suwandi menegaskan bahwa saat ini kesiapan pertanaman cabai seperti Brebes, Demak, Pati, Grobogan dan Magelang terus dipantau. Sementara itu area pertanaman bawang merah ada disekitar  Demak dengan sebaran berada di beberapa Kecamatan Gajah, Mijen, Demak, Dempet, Wedung dan Karanganyar.  

"Demak luas panen bawang merah Mei 2018 nanti 1.279 hektar dengan hasil 9.713 ton setara 312 ton per hari. Ini termasuk produksi yang cukup tinggi," katanya.

"Untuk cabai pada Mei nanti dipanen 105 hektare dengan produksi 239 ton setara pasokan 8 ton per hari," lanjut Suwandi lagi.

Diwawancara terpisah, Kurdi, petani champion bawang merah Kabupaten Grobogan mengatakan mereka mampu memproduksi bawang merah hingga 9 ton per hektare dengan harga berkisar antara Rp 20 ribu - Rp 24 ribu per kilogram.

"Para petani champion se Jawa Tengah siap memasok ke DKI dan usul agar ada lapak lapak di pasar DKI," kata Kurdi.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :