HOME ยป RAGAM
RAGAM
Jum'at, 13 April 2018 , 11:46:00 WIB

Polda Jabar Ciduk Delapan Tersangka Peretas Biro Perjalanan Online

Laporan: Ridwan Abdul Malik




RMOLJabar. Kepolisian Daerah (Polda) Jawa barat tetapkan 8 tersangka dan 3 lainnya di Daftar Pencarian Orang (DPO). Terkait dengan kasus peretasan biro perjalanan online www.mgholiday.com

"Bahwa pelaku melakukan peretasan terhadap website Holiday dengan menggunakan tools dan aplikasi tertentu, setelah berhasil masuk Link dengan leluasa pelaku memindahkan dan atau mentransfer data berupa user ID perusahaan ke perangkat elektronik milik pelaku," ucap Kalpoda Jabar Agung Budi Maryoto, Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jum'at, (13/4/18)

Berikut adalah peran dari para kedelapan tersangka: RK selaku injektor database, DD eksekutor hotel, CP eksekutor hotel, LN SMTP email, AR eksekutor hotel, RI spamer, AL eksekutor hotel, dan IR agen resseler.

Dari pengungkapan tersebut, pihak kepolisian berhasil mengamankan 7 unit laptop, 11 handphone, 4 buku rekening, dan 3 kartu ATM yang digunakan para pelaku dalam melancarkan aksinya.

Kapolda menuturkan, setelah para tersangka berhasil meretas dan memesan kamar hotel secara gratis, mereka memperjualbelikan kembali kamar-kamar tersebut dibawah harga standar dan ada pula yang digunakan untuk pribadinya.

"Dipakai sendiri dan juga ada yang dijual dengan harga murah oleh para pelaku dan berdampak pada tagihan deposit ke Holiday mulai April sudah habis 300 juta," tuturnya.

Untuk selanjutnya, para tersangka akan dikenakan Pasal 46 ayat (1) dan pasal 47 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2011 tentang ITE dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp. 7.000.000.000 atau hukuman penjara paling lama 9 (sembilan) tahun dan denda paling banyak Rp.3.000.000.000. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :