HOME ยป EKBIS
EKBIS
Jum'at, 13 April 2018 , 16:19:00 WIB

SWI Sebut Jabar Tertinggi Ketiga Penawaran Investasi Ilegal

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi (SWI) menilai Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang cukup tinggi dalam penawaran investasi ilegal.

Hal itu dikatakan Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing usai memberikan Sosialisasi Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi, di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jum'at (13/4).

"Terbesar (penawaran investasi ilegal) itu daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Surabaya, ketiga Jabar. Baik penawarannya maupun programnya," kata Tobing.

Menurutnya, beberapa penawaran investasi yang berujung merugikan masyarakat di Jabar di antaranya kasus Pandawa Grup, First Travel, CSI dan PT Solusi Balad Lumampah (SBL).

Selain itu, Satgas Waspada Investigasi yang di dalamnya beranggotakan 13 Kementerian/Lembaga, tengah melakukan analisis terhadap perusahaan-perusahaan yang diduga melakukan penawaran ilegal.

Perusahaan-perusahaan tersebut, kata Tobing, merupakan perusahaan yang menerapkan sistem multi level marketing.

"Perusahaan itu (diduga telah melakukan) kegiatan perdagangan tanpa izin," jelas Tobing.

Dia menambahkan, Satgas Waspada Investasi siap menerima pengaduan masyarakat apabila ada investasi yang diduga ilegal dan tidak memiliki izin. Juga, pihaknya terus mencari informasi agar sebelum ada korban investasi itu dapat dihentikan.

"Satgas Waspada Investasi itu menerima pengaduan masyarakat dan mencari informasi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat secara dini," pungkas Tobing. [jar]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :