HOME » PEMERINTAHAN
PEMERINTAHAN
Sabtu, 14 April 2018 , 09:51:00 WIB

Program Jambanisasi TNI Sasar Sejumlah Desa Di Kuningan

Laporan: Ahyaruddin Asep




RMOLJabar. Dalam rangka meningkatkan hidup sehat di kalangan masyarakat dan membudidayakan membuang air besar pada tempatnya, Koramil 1510/Cilimus Kodim 0615/Kuningan melakukan Karya Bhakti berupa pembangunan jamban di sejumlah desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Cilimus dan Cigandamekar.

Danramil 1510/Cilimus di didampingi babinsa Bojong Peltu Emang menyerahkan kloset secara simbolis Progam Jambanisasi kepada Emad di dusun Manis RT. 04  RW. 01 desa Bojong kecamatan Cilimus, Jum'at (13/04)

"Dalam Karya Bhakti itu kita melakukan pembangunan di setiap desa. Namun untuk prioritas utama pembangunan dilaksanakan pada wilayah-wilayah yang belum memiliki lokasi pembuangan air besar warga," ungkap Danramil 1510/Cilimus Kapten Arh Maryanto.

Warga yang belum memiliki jamban, kata Kapten Arh Maryanto, selama ini masih memanfaatkan aliran-aliran sungai untuk pembuangan air besar. Selain aliran sungai, mereka juga memanfaatkan saluran tersier irigasi

"Tentu saja hal itu akan menurunkan tingkat kesehatan warga terutama mereka yang membuang air besar di saluran tersier irigasi dan aliran sungai, karena masih ada masyarakat yang memanfaatkan aliran sungai dan irigasi untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti mandi, mencuci bahkan untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari," terangnya.

Dengan dibangunnya jamban tersebut, lanjut Kapten Inf Maryanto, diharapkan tingkat kesehatan masyarakat bisa meningkat dan pola hidup masyarakat bisa lebih baik dan lebih terjaga‎. [bon]








BERITA LAINNYA

RUBRIK   :