HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Sabtu, 14 April 2018 , 18:44:00 WIB

LRT Jakpro Koridor I Bakal Dipasang Sistem SCDA

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. PT Len Industri (Persero) telah mengirim Sistem SCDA (Supervisory Control and Data Acquition) ke lokasi Depo Kelapa Gading untuk LRT Jakpro Koridor I setelah melalui uji coba FAT (Factory Acceptance Test). Sistem SCDA rencananya akan dipasang di depo tersebut pada Juni 2018 mendatang.

Uji coba FAT di PT Len Industri (Persero) berlangsung selama tujuh hari yang dibuka langsung oleh Direktur Operasional I Len, Linus Andor M. Sijabat terhitung sejak tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2018.

Uji coba tersebut melibatkan pihak-pihak yang bekerjasama dalam pembangunan LRT Jakpro, yakni PT Len Industri, PT Wijaya Karya, PT JakPro, PT Mott MacDonald, PT Minco dan PT KR.

"FAT bertujuan untuk memastikan produk dan sistem dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Pengujian alat yang akan digunakan ini dapat memperkecil risiko kesalahan ketika peralatan tersebut digunakan di lapangan," kata Linus Andor M. Sijabat kepada RMOLJabar, Sabtu (14/4).

Pada kegiatan tersebut, telah dibahas beberapa sistem kerja antara lain SCADA (Supervisory Control and Data Acquition), AMS (Account Management System) dan CCTV (Closed Circuit Television) untuk sistem persinyalan LRT Jakarta Koridor Tahap I, Kelapa Gading - Velodrome.

"SCADA merupakan sistem pengendalian dan pengambilan data dalam pengawasan dan menggunakan sistem kendali industri berbasis komputer untuk mengontrol proses industri, manufaktur dan tenaga listrik di dalamnya," jelas Linus.

Selain itu, tim juga melakukan peninjauan dan survei industri penerapan sistem CCTV dan pengembangan beberapa sistem yang sudah berjalan berupa rangkaian tes termasuk AMS. [gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :