HOME ยป POLITIK
POLITIK
Sabtu, 14 April 2018 , 20:17:00 WIB

52 Bacaleg PSI Kota Bandung Diseleksi Panelis Independen

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bandung menyeleksi 52 orang bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan ikut bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPD PSI Kota Bandung, Ekky Elhakim mengatakan, proses wawancara kali ini merupakan hasil dari seleksi administrasi yang dilakukan pada tahap pertama.

Untuk yang lolos tahap kedua ini, maka bacaleg akan berlanjut pada tahap proses sosialisasi kepada masyarakat hingga nanti masuk masa pendaftaran caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiba.

"Proses ini akan dilaksanakan secara transparan dan terbuka. Bacaleg akan diuji kompetensinya oleh panelis independen," kata Ekky usai membuka Seleksi Wawancara Bacaleg PSI Kota Bandung di Jalan Kyai Luhur Nomor 2, Bandung, Sabtu (14/4).

Menurutnya, dari 52 orang yang mendaftar, hampir 70 persen diikuti oleh non kader. Serta, untuk keterwakilan perempuan, pihaknya mengaku sudah melebihi 30 persen.

"30 persen dari kader dan dari luarnya lebih banyak non kader. Mungkin sekitar 32 persen untuk keterwakilan perempuan," ungkap Ekky.

Selain itu, kata Ekky, panelis yang menguji bacaleg PSI Kota Bandung berasal dari berbagai kalangan. Mereka di antaranya Gilang Nur Alam (Akademisi dan Pemerhati Budaya), Nenden Vinna Mutiara Ulfa (Praktisi Inner Healing), Eriska Meiyanis (Akademisi dan Aktivis Gender) dan Arief Agus Seodjono (Akademisi dan Pengamat politik).

"Untuk penilaian tidak ada yang dispesialkan. Saya pun harus seleksi dan ikut diwawancara panelis independen. Penilain itu ketentuannya ada dari DPP, kita kasihkan dan nanti DPP yang memutuskan," pungkas Ekky.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :