HOME ยป PERISTIWA
PERISTIWA
Sabtu, 14 April 2018 , 20:48:00 WIB

Begini Cara Berburu Tiket KA Tambahan Lebaran 2018

Laporan: Aldi Ferdian




RMOLJabar. Kereta Api menjadi salah satu moda transportasi massal yang cukup diminati setiap masa mudik tiba. Biasanya sejak jauh hari, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menjual tiket KA untuk dijadikan pilihan masyarakat sebagai angkutan lebaran.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, Ppada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket.

Bahkan, KAI menambahkan sistem keamanan guna meminimalisir gangguan IT ketika masyarakat serentak mengkases situs-situs penjualan tiket demi bisa bertemu dengan sanak saudara pada hari Lebaran tiba.

"KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA," kata Joni kepada RMOLJabar, Sabtu (14/4).

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat dicoba saat melakukan perburuan tiket KA tambahan Lebaran 2018 :

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan di-release bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

4. Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00-an. Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.

5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Kabar baik lainnya yang disampaikan Joni, pada hari kesepuluh terakhir Ramadhan, PT KAI akan memberikan takjil dan makan gratis (buka dan sahur bersama) untuk penumpang kereta api.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :