HOME ยป POLITIK
POLITIK
Senin, 16 April 2018 , 18:45:00 WIB

Pengamat: Kinerja Panwaslu Kota Sukabumi Sudah Sesuai Prosedur

Laporan: Fajar Sidik Supriadi




RMOL. Pengamat Politik Asep Deni melihat kinerja Panwaslu Kota Sukabumi sudah mengikuti prosedur. Hal itu termasuk dalam pemberhentian sejumlah kasus dugaan pidana pemilu.

"Kalau menurut saya Panwaslu sudah mengikuti berbagai prosedur dalam menentukan suatu kasus itu harus dilanjut atau tidak," ujarnya kepada RMOLJabar, Senin (16/4).

Prosedur tersebut diantara ialah penelusuran kebenaran aduan atupun temuan. Hal itu termasuk alat bukti hingga saksi dan sebagainya.

"Setelah semua lengkap, Panwaslu kan bisa menyimpulkan hasil pemeriksaan dan itu dilakukan Panwaslu Kota Sukabumi," ucapnya.

Meskipun menurutnya, dari segi pengawasan, Panwaslu masih kurang efektif. Hal itu terkendala dari jumlah personel yang terbatas. Baik di Panwaslu Kota ataupun kecamatan.

"Rasio yang sedikit ini, membuat pengawasannya kurang efektif," ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengawasan di Panwaslu, hal itu harus dibantu oleh seluruh elemen masyarakat. Baik di tingkat pemerintahan ataupun masyarakat itu sendiri.

"Semua pihak harus turut serta melakukan pemantauan dalam membantu kinerja Panwaslu di Kota Sukabumi," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :