HOME ยป POLITIK
POLITIK
Selasa, 17 April 2018 , 01:29:00 WIB

Media Mempunyai Peran Wujudkan Pilkada Damai

Laporan: Yudha Satria




RMOL. Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengungkapkan, media mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan pilkada damai yang mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalu pemberitaannya.

"Pilkada damai hanya bisa berlangsung jika jajaran media turut serta menciptakan suasana kondusif dan damai dengan berlandaskan kode etik jurnalistik, melalui peliputan peristiwa yang menjunjung tinggi asas moralitas, profesionalitas, demokratis dan supremasi hukum," kata Syamsudin saat mengisi diskusi media dengan tema "Peran Ideal Media di Pilkada dalam Perspektif Antikorupsi" yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Dewi Sartika, Jalan Dewi Sartika, Kota Bandung, Senin (16/4).

Ia menjelaskan, satu peran media sebagai salah satu elemen civil society adalah menjadi watchdog atau menerapkan fungsi pengawasan terhadap potensi korupsi dan tidak ada penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power.

"Media juga harus jujur dan objektif mengemukakan rekam jejak Paslon," katanya.

Dalam paparannya, dia juga menyinggung mengenai sejumlah calon kepala daerah yang terkena OTT oleh KPK. Calon pemimpin yang baik semestinya tidak memiliki cacat integritas, cacat hukum dan cacat politik.

"Dalam kasus seperti ini media bisa mengambil peran penting dalam mendidik dan mencerdaskan masyarakat agar memilih calon pemimpin yang benar," ujarnya.

Selama acara berlangsung, puluhan media massa baik elektronik, cetak, dan online hadir menjadi peserta dalam sesi diskusi. Banyak topik yang dibahas dalam acara tersebut, sebab metode paparannya ialah diskusi dua arah.[gun]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :