HOME ยป POLITIK
POLITIK
Selasa, 17 April 2018 , 09:43:00 WIB

Pengamat: Pilkada Sukabumi Terindikasi Membenarkan Segala Cara

Laporan: Fajar Sidik Supriadi




RMOLJabar. Pengamat Politik Munandi Saleh menilai, Pilkada di Kota Sukabumi terindikasi ke arah membenarkan segala cara untuk meraih kemenangan. Hal itu dilakukan hampir oleh semua paslon.

"Nampaknya ada indikasi ke arah (membenarkan segala cara untuk meraih kemenangan) sana. Walaupun bukan hanya di Sukabumi, tetapi di mana-mana," ujarnya Selasa (17/4).

Hal itu terlihat dari banyaknya pelanggaran yang dilakukan hampir semua calon. Sebab, mereka tidak melihat aturan. "Banyaknya pelanggaran salah satu bukti membenarkan segala cara. Bagi mereka, tak ada aturan. Terpenting kemenangan bisa diraih," ucapnya.

Menurutnya, sebagai umat Islam seharusnya mengikuti aturan main. Sehingga tidak memaksakan kehendak yang mendobrak aturan. "Kalau dilarang, jangan dipaksakan. Tidak akan msmbuat kenikmatan kalau menang dengan cara yang salah.Bagaimana menjadi seorang pemimpin, memenangkan perhelatan saja, kemenangannya tidak dengan cara yang fair," ungkapnya.

Dirinya mengimbau agar seluruh paslon mengikuti aturan. Termasuk menghindari segala untuk meraih kemenangan. "Sebaiknya hindari yang bisa melanggar aturan. Seperti berkampanye di tempat ibadah ataupun lembaga pendidikan. Lebih rincinya bisa ikuti aturan di undang-undang nomor 10 tahun 2016 dan PKPU nomor 4 tahun 2017," pungkasnya. [bon]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :