HOME ยป RAGAM
RAGAM
Selasa, 17 April 2018 , 15:43:00 WIB

Iklan Obat Masih Mendominasi Pelanggaran Siaran

Laporan: Ridwan Abdul Malik




RMOL. Iklan obat mendominasi bentuk pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi dalam penyiaran ikan di media elektronik.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, Dedeh Fadiah saat ditemui dalam kegiatan MoU antara BPOM Bandung dan KPID Jabar, Hotel Aston, Kota Bandung, Selasa 17 April 2018.

"Memang selama ini pelanggaran-pelanggaran yang terjadi terutama di media-media lokal yang ada di jawa barat itu memang iklan obat," ucapnya kepada RMOLJabar.

Fadiah mengungkapkan, rata-rata bentuk pelanggaran iklan obat adalah penempatan jam tayang iklan obat yang seharusnya untuk dewasa dan ditayangkan pada jam yang kurang tepat.

"Iklan obat baik itu dalam hal penempatannya, yang seharusnya kebanyakan katakanlah misalnya iklan obat tradisional untuk orang dewasa, seringkali jam nya pada jam anak jam remaja, padahal itu seharusnya ditayangkan diatas jam 10 malam," ungkapnya.

Selanjutnya, Fadiah menambahkan ada beberapa tahapan sanksi yang akan diberikan KPID Jabar diantaranya berupa himbauan dan teguran sampai pemberhentian program.

"Kalo ternyata tidak mempan diimbau juga program siarannya di stop," pungkasnya. [nif]





BERITA LAINNYA

RUBRIK   :